Cara konfigurasi network dan menghidupkan adapter

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara konfigurasi network dan menghidupkan adapter

1.      Yang pertama masuk ke debian yag telah berhasil di install dan masuk menggunakan root dan bisa juga mengguakan user
2.      Masuk menggunakan root, dan enter setelah itu masukkan password misalkan 123 setelah itu enter jika masuk akan seperti ini.
3.     
Capture89.JPG

Kemudian ketikkan perintah “vi /etc/apt/source.list” digunakan untuk melihat dvd yang telah di scan, beri tanda # pada deb – src dan deb-http. Berguna untuk mematikan jika ketika menginstal paket tidak terhubung ke internet atau jaringan luar.


4.       
5.      Selanjutnya konfigurasikan TCP/IP dengan menggunakan perintah “vi /etc/network/interfaces”. Copy kan atau ketik ulang script eth0, kemudian ganti IP yang akan kita pakai di eth1. Setelah itu save dengan menggunakan perintah wq.

6.      Selanjutnya atur network masuk ke pengatura network dengan menggunakan perintah,
vi /etc/network/interfaces setelah itu enter.
7.      Setelah itu masuk copy 6 baris dengan menggunakan perintah 6 + YY setelah itu pastekan dibawah dengan menggunakan perintah P  lalu akan seperti ini.


8.      Setelah itu lalu ubah dengan etho menjadi eth1 dan ubah juga IP yang digunakan itu menjadi seperti ini.
9.      Selanjutnya save dengan menggunakan perintah untuk menyimpan data yang telah diubah dan jangan dilupakan dan jangan pernah menghafalnya perintahnya sangatlah mudah dan tetapi mudah juga dilupakan perintahnya “esc + :wq” lalu enter, dan setelah itu service dengan menggunakan perintah service networking restart lalu enter jika berhasil maka akan seperti ini.


10. 
Capture89.JPG

Kemudian ketikkan perintah “vi /etc/apt/source.list” digunakan untuk melihat dvd
11.  yang telah di scan, beri tanda # pada deb – src dan deb-http. Berguna untuk mematikan jika ketika menginstal paket tidak terhubung ke internet atau jaringan luar.

12.  Selanjutnya ping untuk menguji ip yang telah dibuat misalkan IP “ping 16.10.11.1” dan “ping 10.20.30.1” lalu hasilnya akan seperti ini.
13.  Setelah itu aktifan jika belum bisa ping ke IP tersebut lalu aktifkanya denagn menggunakan “ifup eth0” dan “ifup eth1” untuk mengaktifkan 2 adapter yang telah dibuat sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel