Cara Menginstall Active Directory dan Membuat Domain User di Windows Server 2003

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Menginstall Active Directory dan Membuat Domain User di Windows Server 2003 - ketikan CMD dikeyboard dengan cara menekan windows + R lalu ketikan DCPROMO lalu akan masuk ketampilan lalu klik next untuk melanjutkan penginstalannya
Lalu nanti akan muncul tampilan wizard windows server 2003 dan pilihlah domain controller for a new domain untuk membuat domain baru, seperti dibawah ini dan ikuti petunjuk penginstallannya :
Photobucket

Pilih domain in a new forest lalu klik next
Photobucket

Selanjutnya isikan nama domain baru anda, contohnya : cheuw.com ato beungeut.com terserah kamu..dan itu berarti nama domain anda yang saat ini dibuat
Photobucket

Photobucket

Photobucket

Ketikan password berupa kombinasi, huruf,angka dan simbol
Photobucket

Proses mengkonfigurasi active directory yang dilakukan oleh wizard, tunggu beberapa menit.
Photobucket

Hingga muncul tampilan seperti ini, ini proses mengkonfigurasi DNS, anda bisa meng-skip nya dan mengkonfigurasi nya nanti tapi disarankan tunggu konfigurasi DNS ini hingga selesai jadi nanti tidak perlu mengkonfigurasi ulang lagi.
Photobucket
Berarti proses menginstall active directory telah selesai

Membuat domain user account
User ini dibuat untuk diberikan hak untuk mengakses file/folder tertentu di dalam domain yang telah dibuat.
Langkah-langkah membuat user adalah :
1. Klik kanan di tab domain yang telah dibuat, contoh : cheuw.com ato beungeut.com tadi, kemudian di panel active directory and computer , klik new – user.
2. Lalu isi data user, seperti nama lengkap dan logon username
Photobucket
3. Mengisikan password yang merupakan kombinasi angka,alphabet dan simbol
4. Klik Finish
5. Cek user yang dibuat dengan mengklik tab user didalam domain yang dibuat, jika sudah muncul dan sesuai dengan user yang dibuat berarti kita berhasil membuat user baru,

Membuat Organizational Unit
Organizational Unit ini untuk membuat divisi seperi dalam perusahaan. Cara membuat nya yaitu :
1. Pilih panel active directory user and computer, kemudian klik kanan pada domain anda (ex: cheuw.com ato beungeut.com ), pilih new – organizational unit
2. Lalu ketikkan nama divisi yang diinginkan, misalkan : marketing, HRD, ato apapun
Photobucket
3. Klik ok, dan kita telah berhasil membuat organizational unit. Cek OU yang sudah dibuat di tab cheuw.com (atau domain anda)

Untu membuat group tahapannya mudah, klik active directory and user, pilih folder user dan klik kanan pilih group. Kemudian ketikan nama group nya. Sesudah dibuat, jika kita menginginkan user tertentu masuk ke dalam group yang telah dibuat, maka klik kanan pada user yang dibuat lalu pilih add to group nanti akan muncul tampilan seperti ini dan ketikan group yang diinginkan.
Photobucket

Hingga muncul tampilan seperti ini.
Photobucket

Sekarang untuk menghubungkan antara koneksi windows server ini dengan windows yang kita pakai (dengan asumsi, menggunakan server 2003 ini di vmware/virtualbox)) . Masukkan ip di server ini dengan ip sesuai keinginan anda. Untuk contoh yang dibuat ini menggunakan kelas C
Photobucket

Kemudian setelah mengkonfigurasi ip server kita, maka coba ping ke DNS kita (domain yang dibuat), apakah sudah mereply atau RTO,dsb.. dan pastikan ketika diping DNS anda, akan mendapat reply koneksi nya.
Photobucket

Lalu sekarang masuk konfigurasi network adapter VMNet1 dan konfigurasi ip nya sesuai dengan ip server 2003 anda (masih dalam satu network)
Photobucket
kemudian ping koneksi antar windows xp/7 ke DNS ataupun ip server 2003 anda, jika berhasil berarti kita telah menghubungkan koneksi antara klien dan server.
Photobucket
About these ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel